PENYEBAB EMAIL TIDAK DIRESPON, TIDAK DIPANGGIL, GAGAL KIRIM ( NGRANDOM ) SEPUTAR LAMARAN PEKERJAAN - HRD
Untuk saat ini mengirim lamaran pekerjaan via email paling banyak diminati oleh kalangan pencaker. Selain mudah, mengirim lamaran via email juga gratis hanya bermodal kuota, bisa di lakukan kapanpun dan dimanapun. Namun tidak sedikit pencaker yang berhasil mengirim lamaran via email. Biasanya ada kendala kendala misal email tidak terkirim, email di blokir, email penuh, dsb. Berikut saya akan menjelaskan penyebab email tidak berhasil.
Penyebab email anda tidak di respon, tidak di panggil oleh HRD
1. Subjek email
Inilah yang menurut saya paling penting karena ini yang akan menjadi judul email sebelum dibuka, sebelum membuka isi email kita, HRD pasti akan melihat judul email ( subjek email anda). Pihak perusahaan sedang membutuhkan untuk bagian apa, kriterianya seperti apa. Usahakan subjek juga sesuai dengan kemampuan kalian, atau pengalaman kalian,
berilah subjek yang menarik dan kreatif, tunjukkan skill kita, contoh :
~ Lamaran pekerjaan - operator produksi - pengalaman 2 tahun di PT ......
~ Lamaran pekerjaan - operator gudang - pengalaman 2 tahun, mempunyai SIO forklift
~ Lamaran pekerjaan - operator - pengalaman painting di PT ... Selama 2 tahun
~ Lamaran pekerjaan - fresh graduate - nilai mtk 95
~ Lamaran pekerjaan - Fresh graduate - menguasai alat ukur
2. Kesalahan saat pengiriman
Kesalahan disini
maksudnya adalah tempat meletakkan alamat email yang kalian tujul, pada bagian
atas email ada tiga kolom tempat alamat tujuan yaitu kepada , Cc , dan Bcc.
Jika kalian akan mengirim lamaran secara random atau lebih dari satu tujuan maka guanakan Bcc ,karena jika lewat kepada atau Cc pihak HRD akan mengetahui bahwa kita mengirim ke banyak alamat itu artinya kita dicap tidak serius. Jadi disini kita gunakan Bcc ya teman teman agar pihak HRD tidak mengetahui kita mengirim email kepada siapa saja.
3. Email masih muda
4. Gunakan Gmail
Dalam mengirim email sebaiknya anda menggunakan gmail, karena untuk saat ini Gmail lah yang sering digunakan oleh masyarakat umum. Masuklah lewat google chrome dengan mengetik gmail.com , atau bisa juga via aplikasi bawaan handphone agar lebih mudah.
5. Waktu pengiriman
Waktu pengiriman email yang paling bagus yaitu saat jam kerja, HRD
biasanya akan melihat email pagi dan siang. Nah jadi jika kalian mau mengirim
lamaran sebaiknya antara jam 08.00 – 10.00 dan jika siang jam 13.00 -
15.00
6. Koneksi jaringan
Koneksi jaringan juga sangat mempengaruhi pengiriman email . Jadi gunakanlah koneksi internet yang bagus.
7. Nama email
Gunakan nama email sesuai nama anda, jangan berlebihan, dan jangan neko neko.
8. Ukuran file pdf anda
Untuk mengirim email usahakan ukuran file CV anda tidak lebih dari 500kb, karena jika diatas 500kb akan menyusahkan HRD saat membuka CV anda. Biasanya perusahaan – perusahaan juga sudah menentukan kapasitas maximal ukuran CV dan kebanyakan perusahaan meminta ukuran CV dibawah 500kb.
berikut link
https://seputarpekerjaanemail.blogspot.com/2020/07/cara-mengirim-lamaran-pekerjaan.html?=1
berikut link penyelesaian soal TIU 5
https://seputarpekerjaanemail.blogspot.com/2020/07/kunci-jawaban-tes-tiu-volume-5-broken-link.html
Demikianlah pertanyaan-pertanyaan yang sering kita dengar di kalangan media sosial mengenai kegagalan saat mengirim lamaran via email.
#salam_amplop_coklat
#pejuang_hitam_putih
#pejuang_kontrak
#pejuang_buruh
#pejuang_sukses
Terimakasih informasinya kakak, sangat maem membantu..
BalasHapus