CARA MENGIRIM LAMARAN PEKERJAAN MENGGUNAKAN EMAIL YANG BAIK DAN BENAR
Lowongan pekerjaan ~ itulah yang banyak dicari oleh orang orang yang baru lulus ataupun belum bekerja. Di era yang modern dan maju seperti ini tentunya sudah banyak sekali teknologi teknologi internet salah satunya adalah email. Mengirim lamaran lewat email biasanya lebih sering diminati oleh kalangan para pencaker karena sangat mudah, gratis dan bisa di lakukan kapanpun. Kali ini saya akan mengajarkan cara mengirimkan lamaran menggunakan email yang baik dan benar, langsung saja kita simak cara berikut ini :
CARA MENGIRIM LAMARAN PEKERJAAN MENGGUNAKAN EMAIL YANG BAIK DAN BENAR
1. siapkan semua berkas berkas lamaran yang asli
A. Pas foto
B. KTP
C. NPWP
D. Ijasah
E. SKHUN
F.SKCK
G. Kartu kuning
H. Kartu keluarga
I. Surat keterangan sehat
J. Paklaring (Jika ada)
K. Sertifikat SIO, piagam (jika ada)
Jika semua sudah lengkap maka scan berkas berkas tersebut. Saya sarankan di scan lewat alat scan ya teman teman, karena jika kalian foto lewat hape maka hasilnya kurang bagus atau blur.
2. Buatlah CV anda
Isilah daftar riwayat hidup anda dengan benar, tulis juga pengalaman kerja bagi yang sudah berpengalaman. Bagi yang belum pernah bekerja bisa di tulis pengalaman PKL . CV atau curiculum vitae ini bisa kalian buat sendiri di Microsoft word. Berikut saya beri contoh CV yang saya buat sendiri lewat Microsoft word
.
3. Gabungkan CV dengan berkas-berkas yang sudah kalian scan, kemudian save menjadi file pdf maks 500kb. Mungkin kalian bertanya mengapa harus di bawah 500kb, karena biasanya file diatas 500kb akan lebih lama dibuka dan itu akan menyusahkan HRD saat membuka CV kalian. Oleh karena itu saya sarankan untuk scan data dengan alat scan agar saat di kompres menjadi 500kb gambar tidak pecah.
Note : Lembar 1-3 berisi CV, Ijasah bolak balik
Lembar 4-6 berisi SKHU, SKCK dan paklaring A
Lembar 6-9 berisi paklaring B, surat keterangan sehat, kartu kuning, KTP dan NPWP
Jika kalian mempunyai sertifikat-sertifikat lainnya cantumkan saja untuk menambah nilai plus.
4. Membuat surat lamaran
Yth Bapak/Ibu Bagian Personalia
Di tempat
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi dari media sosial di internet, bahwa perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin membutuhkan lowongan pekerjaan sebagai Operator Produksi, maka saya yang bertandatangan dibawah ini, saya:
Nama : Abdul
Alamat : kwarin RT/RW 02/02 Desa.kramat Kec.angker Kab. Banjar
Tempat & tgl lahir : Kebumen, 5 Oktober 1997
Pendidikan : SMK Negeri 2 banjar
Jurusan : Teknik Otomotif
No.Hp. : 08529291###
Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya dalam bentuk attachment.
Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan, Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Abdul
Ketik atau copy paste surat lamaran tersebut ke “tulis email” yang ada pada Gmail
Setelah CV dan surat lamaran jadi, mari kita mulai bagaimana cara mengirim lamaran via email. Agar lebih mudah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, maka kita gunakan handphone untuk media kita mengirim lamaran via email.
Cara mengirim lamaran via email menggunakan handphone
Sebenarnya mengirim lamaran via email bisa di lakukan melalui aplikasi gmail bawaan di hape kalian. Namun saya sarankan untuk menggunakan Gmail lewat google chrome dengan mengetikan gmail.com . mengapa ? Karena biasanya jika melalui aplikasi bawaan hape sering eror. Intinya tetap sama mau masuk lewat aplikasi bawaan atau lewat chrome proses serta tampilan gmailnya tetap sama.
1. Masuk ke akun gmail anda
Disini saya masuk Gmail lewat google chrome
2. Klik gambar pensil pada pojok kanan atas
Jika kalian menggunakan aplikasi bawaan handphone maka klik gambar plus pada kanan bawah.
3. Masukan alamat email yang anda tuju
Jika kalian akan mengirim alamat email lebih dari satu (random email) , maka gunakan Bcc. Jangan menggunakan “Cc” ataupun “kepada” , karena jika kalian menggunakan Cc ataupun kepada, maka kalian akan ketahuan jika anda mengirim email lebih dari satu tujuan. Namun jika anda menggunakan Bcc kalian tidak akan ketahuan jika anda mengirim random email. Masukkan alamat email-email yang kalian tuju maximal 10-15 alamat email agar tidak terpending.
4. Masukan subjek email
Subjek merupakan judul dari email yang kita kirim, bagian inilah yang pertama kali dilihat oleh HRD. Buatlah subjek yang menarik dan kreatif untuk dibaca tentunya sesuai dengan kemampuan kalian. Contoh subjek yang biasa digunakan oleh para pencaker.
~ Lamaran pekerjaan - Operator produksi - pengalaman produksi 2 tahun
~ Lamaran pekerjaan - Operator logistik - mempunyai sio forklift
~ Lamaran pekerjaan - Operator QC - menguasai alat ukur
~ Lamaran pekerjaan - Fresh graduate - menguasai alat ukur, nilai UN mtk 95
5. Tulis surat lamaran pada bagian “tulis email”, agar lebih mudah copy paste surat lamaran yang sudah saya contohkan di atas.
6. Lampirkan CV Pdf anda
Saya sarankan untuk memberi nama file CV anda dengan nama panjang anda. Klik icon paperclip seperti yang ada di gambar berikut.
Setelah CV terlampir maka CV anda
akan terlihat di email tersebut.
7. Kirim email
Setelah semuanya selesai, lalu kirim email anda dengan klik icon “kirim”, jika anda menggunakan aplikasi bawaan maka klik icon segitiga terbalik di pojok kanan atas.
Demikian cara mengirimkan lamaran pekerjaan via email menggunakan media handphone. Semoga cara tersebut bisa membantu teman teman dalam mencari pekerjaan. Jangan lupa tetap di sertai dengan doa ya teman-teman J
Salam amplop coklat..
Semangat pejuang hitam putih..
Terimakasih
Terimakasih bang, alhamdulillah Saya dapat panggilan di pt Hyundai...
BalasHapus